Instruksi ini menjelaskan tentang pemasangan alarm sepeda motor dua arah SPY5000 dengan sepeda motor Honda CB250 Nighthawk 1998.
Alarm ini agak khas dari alarm sepeda motor/skuter aftermarket yang tersedia di seluruh dunia. Instalasi saya tidak standar, dan lebih rumit dari yang saya harapkan, jadi saya berbagi pengalaman dan pengetahuan saya untuk mungkin membantu orang lain yang menemukan diri mereka dalam situasi yang sama. Saya telah menemukan panduan sebelumnya kurang beberapa detail halus yang mungkin diperlukan, jadi saya telah memasukkan informasi sebanyak mungkin untuk membantu pembaca.
Langkah 1: Alat & Peralatan
- Kit sepeda motor SPY 5000m
- CB250 Nighthawk
- Skema Listrik untuk kit dan sepeda
- besi solder & solder
- panas menyusut
- pita listrik
- pemotong, set soket obeng, gunting
- SPST dan Cradle Relay Otomotif
- Relay Otomotif SPDT
- 3 x 1N4004 Dioda
- 1 x BD681 Darlington Transistor
- 1 x 68kOhm Resistor
Terminal Spade dan Spade Lugs
Multimeter untuk kontinuitas/tegangan
Langkah 2: Deskripsi Alarm dan Pengkabelan
Spy 5000m adalah alarm umum dan memerlukan modifikasi agar sesuai dengan CB250 Nighthawk. Seperti yang Anda lihat di skema alarm, ada banyak kabel yang meninggalkan steker "Otak", dan terhubung dengan kabel sepeda. Saya akan membahas masing-masing secara bergiliran.
Antena:
Kawat ini sebenarnya tidak melalui steker/soket yang dapat dilepas, kabel ini keluar langsung dari kotak Brain. Saya menempatkan antena saya di belakang rakitan lampu belakang di dalam sepeda, karena area ini sebagian besar terbuat dari plastik, dan dekat dengan Brain Box, yang terletak di kompartemen penyimpanan belakang.
Kabel Merah:
Ini adalah catu daya ke BrainBox. Ada sekering inline di kedua sisi steker/soket, dan manual mengatakan untuk menyambungkannya ke baterai. Saya memilih untuk menghubungkannya ke sisi leburan catu daya CB250, dengan mengetuk kabel MERAH (R ) sepeda setelah Sekring Utama 20A sepeda.
Kawat Coklat:
Ini adalah kabel yang menghubungkan ke Kabel CB250 ACC (Aksesori), yang berwarna Hitam (B). Saat Saklar Pengapian menyala, saluran ACC memiliki +12V di atasnya, dan memasok daya ke lampu, indikator, klakson, dll.
Saat fitur remote start dihidupkan, kunci kontak mati, sehingga Spy5000 mengumpankan +12V ke kabel ACC melalui kabel Brown (Br).
Kabel Merah Muda & Abu-abu:
Saya akan menjelaskan dua kabel ini bersama-sama karena mereka terhubung. Kabel ini adalah bagian dari rangkaian Ignition Kill. Instruksi mengatakan untuk MEMOTONG kabel Hitam/Putih (B/W) dari sakelar kunci kontak dan sambungkan kabel Merah Muda ke Saklar Pengapian SISI dari potongan, dan sambungkan kabel Abu-abu ke ujung B/W yang dipotong lainnya. Kemudian SPY5000 dapat mematikan kunci kontak.
INI TIDAK BEKERJA TANPA MODIFIKASI PADA CB250 SAYA.
(Saya akan menjelaskan ini nanti)
Kawat Biru:
Kabel ini terhubung ke Kabel Start Motor Starter yang berwarna Kuning dengan Merah (Y/R) dan memungkinkan SPY5000 untuk menghidupkan motor ketika fitur start jarak jauh dipilih.
Kabel Kuning & Kuning:
2 kabel ini terhubung ke kabel Indikator Oranye (O) dan Biru Langit (Sb), dan memungkinkan SPY5000 untuk mengontrol indikator, depan, belakang dan pada panel tampilan.
Lampu indikator:
Sepasang kabel ini tidak melalui steker/soket 9 pin, ia memiliki soket 2 pin sendiri. Pada dasarnya lampu indikator biru yang berkedip untuk memberi tahu orang-orang bahwa sepeda Anda memiliki alarm.
Hitam:
Ini adalah kabel arde dan tidak menggunakan colokan/soket 9 pin. Harus di-ground agar SPY5000 dapat beroperasi dengan benar.
Sirene:
Ini sangat keras, saya membiarkannya terputus sampai pemeriksaan akhir sistem. Penyumbat Telinga direkomendasikan.
Detektor gelombang mikro:
Ini adalah kotak kontrol kecil dengan trimpot penyesuaian sensitivitas di atasnya. Saya belum memutuskan di mana harus meletakkannya, tetapi TIDAK TAHAN CUACA, dan akan membutuhkan perlindungan pada CB250
Perhatikan Diagram Pengkabelan memiliki steker 9 pin dengan 10 kabel keluar darinya. Antena dan LED memiliki koneksi sendiri. Hanya 8 kabel yang digunakan dengan steker 9 pin.
CB250 saya memiliki CDI (Capacitive Discharge Ignition). Kill switch dan ignition switch menghentikan CDI dengan menghubungkan kabel Hitam/Putih (B/W) ke arde. Jika B/W tidak di-ground, CDI berlanjut dan kunci kontak akan terus menyala. B/W memiliki potensi tegangan berkisar hingga 140V yang berasal dari unit CDI. Hati-hati, itu akan menggelitik Anda jika disentuh saat mesin hidup.
Di dalam Kotak Otak, ada relai, yang Biasanya Tertutup (N/C) Yang terhubung ke kabel Merah Muda dan Abu-abu.
Saat SPY5000 menonaktifkan kunci kontak, relai di dalam kotak Brain aktif, dan memutuskan Pink dari Grey, saat kontak terbuka. Tindakan ini tidak akan memiliki efek yang berguna pada kabel B/W. Untuk menghentikan CDI, ia harus menghubungkan kabel B/W ke bumi.
Jadi saya harus menemukan cara untuk mengubah kontak N/C untuk memicu B/W ke bumi.
Rangkaian ini menggunakan transistor Darlington BD681 untuk menyalakan Relay yang diproteksi dioda. Relay Membumikan kabel B/W dari CDI saat transistor dipicu. Transistor ditahan LOW dan OFF ketika kabel merah muda dan abu-abu dihubung singkat melalui Relay internal SPY5000. Ketika SPY5000 mengaktifkan Relay Ignition-kill, Pink dan Gray terputus satu sama lain, memungkinkan tegangan BD681 Base (B) naik dan menyalakan Relay.
Langkah 3: Masalah : Modifikasi #1
CB250 saya memiliki CDI (Capacitive Discharge Ignition). Kill switch dan ignition switch menghentikan CDI dengan menghubungkan kabel Hitam/Putih (B/W) ke arde. Jika B/W tidak di-ground, CDI berlanjut dan kunci kontak akan terus menyala. B/W memiliki potensi tegangan berkisar hingga 140V yang berasal dari unit CDI. Hati-hati, itu akan menggelitik Anda jika disentuh saat mesin hidup.
Di dalam Kotak Otak, ada relai, yang Biasanya Tertutup (N/C) Yang terhubung ke kabel Merah Muda dan Abu-abu.
Saat SPY5000 menonaktifkan kunci kontak, relai di dalam kotak Brain aktif, dan memutuskan Pink dari Grey, saat kontak terbuka. Tindakan ini tidak akan memiliki efek yang berguna pada kabel B/W. Untuk menghentikan CDI, ia harus menghubungkan kabel B/W ke bumi.
Jadi saya harus menemukan cara untuk mengubah kontak N/C untuk memicu B/W ke bumi.
Rangkaian ini menggunakan transistor Darlington BD681 untuk menyalakan Relay yang diproteksi dioda. Relay Membumikan kabel B/W dari CDI saat transistor dipicu. Transistor ditahan LOW dan OFF ketika kabel merah muda dan abu-abu dihubung singkat melalui Relay internal SPY5000. Ketika SPY5000 mengaktifkan Relay Ignition-kill, Pink dan Gray terputus satu sama lain, memungkinkan tegangan BD681 Base (B) naik dan menyalakan Relay.
Langkah 4: Masalah : Modifikasi #1 .. Lanjutan
Bagian Matematika Kecil yang Membosankan. (lewati jika Anda mau)
Relay Otomotif 12V memiliki resistansi kumparan 87 Ohm.
Karena I = V/R (Hukum Ohm), arus yang ditarik saat ON = 12/87 A = 138mA atau 140mA dibulatkan ke atas
BD681 memiliki Hfe (gain) 750, oleh karena itu arus Basis diperlukan untuk mengalihkan beban ini
Ib = 0,14A / 750 = 0,187mA
Ukuran Resistor yang diperlukan untuk membatasi aliran arus hingga 0,187mA di atas potensial 12V =
R = V/I = 12 V / 0,000187A = 64171 Ohm = 64kOhm. Ini memberi saya nilai resistor untuk digunakan.
Perhatikan sirkuit ini terhubung ke 12V dari baterai, sehingga akan menarik 0,000187A per jam dalam keadaan siaga. Ini sama dengan
4,488 mA / hari, Atau 31,4 mA / minggu, Atau 125,6 mA / bulan.
Tingkat konsumsi daya yang lebih rendah dapat diperoleh jika transistor dengan gain Hfe yang lebih tinggi digunakan, tetapi ini sudah cukup rendah.
Jadi modul ini ketika dibangun memiliki 5 kabel yang mengarah ke dalamnya.
1. Kawat Merah Muda --> masuk ke Kotak Otak Merah Muda
2. Kawat Abu-abu -> pergi ke Kotak Otak Abu-abu
3. +12V --> menuju ke Brain Box Red
4. Tanah -> pergi ke Bumi
5. Kabel Hitam --> menuju ke kabel B/W di CB250
Langkah 5: Masalah : Modifikasi #2
Seperti disebutkan sebelumnya, ketika kunci kontak "OFF", unit CDI dibumikan melalui kabel B/W melalui sakelar pengapian dan kemudian ke ground melalui kabel Hijau Tua (Dg).
Ketika fitur Remote Start diaktifkan, SPY5000 mengirimkan +12V melalui kabel Brown (ACC) dan kemudian mengirimkan sinyal singkat +12V melalui Biru (ke Y/R) ke rangkaian motor starter. Ini harus menghidupkan motor, kecuali unit CDI masih dibumikan melalui Saklar Pengapian, yang dalam posisi OFF. Pengapian tidak dapat menyala, sepeda tidak dapat dihidupkan. Ini masalahnya.
Oleh karena itu, saya telah menambahkan Relay yang dipicu oleh SPY5000 Brown Wire +12VSignal dan memotong kabel Earth (Dg) dari Ignition Switch dan HANYA Ignition Switch.
Ini melibatkan pemasangan relai yang dilindungi dioda, yang dipicu oleh SPY5000 Brown Wire. Kabel Dg unik dari Saklar Pengapian kemudian diidentifikasi , diputus dari kabel Dg lainnya, dan dirutekan ulang melalui kabelnya sendiri ke relai, yang mengalihkannya kembali ke pembumian. Gambar menunjukkan beberapa kabel Dg dikerutkan bersama. Kabel yang benar harus ditempatkan, diputus dan kabel baru yang diperpanjang berjalan ke Relay.
Langkah 6: Masalah : Modifikasi #2 ... Lanjut...
Relai ini seharusnya hanya dipicu oleh rangkaian ACC SPY5000, bukan rangkaian ACC CB250. Dioda 1N4004 yang ditempatkan di antara Coklat dan Hitam memastikan hanya rangkaian ACC SPY5000 yang akan memicu relai.
Tanpa dioda, rangkaian CB250 dapat memicu relai, maka kunci kontak tidak dapat menghentikan CDI saat kunci “OFF”
Beginilah cara Relay dihubungkan. Anda memiliki umpan Brown ACC, kabel Dg dari IGNition, dan Kabel Bumi. Catatan Anda akan memerlukan Relay dengan terminal N/C dan dioda proteksi juga.
Jadi, ketika sepeda dihidupkan secara normal dengan Kunci Penyalaan, relai ini mati dan tertutup secara normal, rangkaian bekerja secara normal.
Saat sepeda "OFF" dan SPY5000 menyalakan sepeda dari jarak jauh, kabel SPY5000 ACC (coklat) menjadi +12V, menyalakan relai, melepaskan Kunci Pengapian dari Bumi, memungkinkan CDI untuk beroperasi. Ketika SPY5000 mematikan sepeda dari jarak jauh, relai menutup, CDI dibumikan melalui Saklar Pengapian dan Kontak Relai.
Langkah 7: Perakitan
Karena tidak ada cukup ruang kosong di belakang lampu depan, dan tidak ada cukup ruang di bawah jok tempat baterai/sekring/rangkaian starter/relay berada, saya memasang SPY5000 di kompartemen belakang, di belakang lampu rem belakang.
Saya telah menambahkan kabel Dg dari depan alat tenun kabel ke alat tenun kabel yang ada.
Saya telah membuat alat tenun alarm kecil lainnya yang sejajar dengan alat tenun yang ada dan membawa kabel dari pusat sepeda kembali ke kompartemen belakang.
Saya telah menambahkan konektor terminal sekop ke alat tenun kabel sepeda, menyambung ke kabel yang ada sehingga alarm dapat dilepas dengan mudah jika tidak berfungsi.
Ada gambar konektor yang ditambahkan. Ini menunjukkan kabel MERAH, Biru, kabel Coklat dari SPY5000, terhubung dengan Kabel Merah, Y/R dan Hitam pada CB250. Kabel Gray terhubung dari Relay di Modifikasi #1 ke kabel CDI B/W.
Langkah 8: Lanjutan Perakitan..
Gambar ini menunjukkan konektor indikator, yang disambungkan ke wiring harness CB250, satu biru dan satu oranye. Ini terhubung ke Kabel Kuning dari Kotak Otak SPY5000
Setelah semua sambungan dibuat, alat tenun SPY5000 dibungkus dengan pita listrik (Nippon Denso) dan berjalan sejajar dengan alat tenun yang ada. Diamankan dengan selotip dan ritsleting sesekali, alarm dipasang dan disembunyikan dari mata dan jari yang penasaran.
Untuk mengakses semua bagian listrik, jok, panel samping dan tangki bahan bakar semuanya dilepas. Lampu depan dilepas untuk mengekspos sirkuit dan untuk menemukan kabel Dg khusus untuk sakelar Pengapian.
Tidak perlu untuk pemasangan tetapi berguna untuk diketahui, kabel B/W Sakelar Pengapian dan kabel B/W Kill-Switch keduanya bergabung dalam alat tenun kabel, di sebelah Kumparan Pengapian Tangan Kiri, di bawah tangki bahan bakar. Posisi ini dieksplorasi ketika mengikuti instruksi asli, tetapi tidak diperlukan.
Kabel Dg Saklar Pengapian dan kabel Kill-Switch Dg bergabung bersama di alat tenun utama di dalam rumah lampu depan, dan di lokasi inilah kabel Dg dipotong untuk Saklar Pengapian , dan perpanjangan ditambahkan dan dirutekan ke Relay di Modifikasi #2 (berlabel IGN di Gambar) Ini adalah satu-satunya kabel yang membutuhkan pemotongan dalam instalasi ini. Yang lain disambung, dan ada banyak cara untuk melakukannya. Saya memilih menyolder dan menyusut panas jika memungkinkan, atau hanya menyolder dan merekam.
Mengenai pembumian, saya memilih baut belakang tengah di luar kompartemen belakang sebagai titik pembumian. Ini mengamankan mekanisme pelepasan kursi, dan saya menggores cat dari sasis di bawah kepala baut untuk memastikan kontak bumi yang baik.
Langkah 9: Pengamatan
Awalnya saya pikir ini akan menjadi instalasi 2 jam sederhana. Diagram sirkuitnya mudah dimengerti, warnanya cocok dengan warna sepeda saya dan masuk akal. Jadi saya menghubungkannya seperti yang dikatakan diagram. Setelah terhubung, ada 2 masalah.
1. Fitur Ignition kill tidak berfungsi. Mungkin dengan sepeda dengan sistem umpan positif, itu akan terjadi. Untuk itulah Modifikasi #1. Jika SPY memiliki relai relai SPDT alih-alih relai SPST, maka modifikasi saya tidak perlu.
2. Remote start tidak akan berfungsi, karena sakelar pengapian pada posisi OFF membuat CDI korslet. Untuk itulah Modifikasi #2.
Sekarang dengan dua modifikasi, semuanya berfungsi 100%.
Saya telah memperhatikan panduan instalasi lain dan banyak orang hanya berhasil sebagian dengan instalasi mereka. Pengapian dinonaktifkan, sakelar pemutus dinonaktifkan, fitur tidak dapat digunakan karena hal-hal yang tidak dipahami, sekering putus, baterai kempes, kabel terbakar, komponen rusak. Saya pikir seseorang harus sangat beruntung untuk menemukan alarm generik yang cocok dengan sepeda motor mereka dengan sempurna. Atau bayar mahal ke pemasang untuk menghindari kerepotan dan sakit kepala yang dapat dibuat oleh DIY
Dengan instalasi saya, Kill Switch berfungsi terlepas dari Manual Start atau Remote start. Jika Anda membiarkan tombol pemutus ON, sepeda tidak akan hidup.
Dengan pemasangan ini, motor TIDAK DAPAT DIMULAI di Gear, kecuali jika Anda menahan pegangan kopling.
Dengan pemasangan ini, motor TIDAK AKAN MULAI pada Gear dengan Side Kick Stand down, seperti yang dirancang untuk dilakukan.
Ini akan dimulai di Netral dengan SideStand down, secara manual atau jarak jauh.
Ini akan dimulai di Gear, dari jarak jauh dengan pegangan kopling masuk, tapi apa gunanya itu?
Saya telah membaca tentang begitu banyak orang yang telah memasang alarm DIY dan kehilangan fungsionalitas pada sepeda mereka, menjadikannya berbahaya dan terkadang lebih mudah untuk dicuri. Itu adalah sesuatu yang tidak saya inginkan atau butuhkan.
Ini menyimpulkan laporan Instalasi. Jika ada area yang belum saya bahas dengan cukup detail, atau jika Anda ingin klarifikasi atau foto, beri tahu saya dan saya akan melihat apa yang bisa saya lakukan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca ini, semoga jika dapat membantu menghindari jebakan dan komplikasi untuk Anda juga.
© 2011
Semua Gambar diambil oleh saya kecuali diagram pengkabelan Alarm yang diambil dari Panduan Pengguna, dan diagram pengkabelan Honda CB250 (c) dari Manual CLYMER Nighthawk