10 Cara Sederhana Meningkatkan Nilai Order Rata-Rata Di Bisnis Online

4 min read

Cara menaikkan rata-rata nilai order memang memusingkan sebagian besar pelaku bisnis online. Untuk membangun toko online, dibutuhkan banyak tenaga, waktu, dan biaya pemasaran. . Oleh karena itu, Anda perlu fokus pada peningkatan nilai pesanan rata-rata untuk mengembangkan bisnis Anda secara efektif. 

Berapa nilai pesanan rata-rata?

Nilai pesanan rata-rata dapat dengan mudah dipahami sebagai jumlah rata-rata uang yang dihabiskan pelanggan untuk transaksi di toko. Untuk meningkatkan nilai AOV, Anda perlu meyakinkan pelanggan untuk memilih menambahkan lebih banyak produk ke keranjang.

Rumus untuk menghitung Average Order Value (AOV):

Rata-rata Nilai Pesanan = Total Penjualan / Jumlah Pesanan.

Manfaat meningkatkan nilai pesanan rata-rata

Saat nilai pesanan rata-rata meningkat, penjualan dan keuntungan Anda juga akan meningkat. Semakin tinggi nilai pesanan, semakin banyak uang yang diperoleh dari setiap pesanan, mengurangi biaya pemasaran kedua kepada pelanggan. Perubahan positif dalam nilai pesanan rata-rata juga memfasilitasi reinvestasi bisnis. Secara bersamaan kembangkan dan kembangkan bisnis Anda lebih cepat.

Selain itu, peningkatan nilai pesanan rata-rata akan menguntungkan pemasaran. Meningkatkan profitabilitas pemasaran, hemat biaya. Nilai pesanan yang tinggi akan membantu keuntungan yang lebih tinggi setelah dikurangi pajak, biaya produk, biaya pemasaran online, dll.

Rahasia untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata

CHILI akan membagikan 10 tip untuk membantu bisnis meningkatkan nilai pesanan rata-rata secara efektif:

  • Ada program diskon produk
  • Pengiriman gratis untuk nilai pesanan tertentu
  • Tawarkan paket insentif/hadiah
  • Kebijakan promosi untuk pertama kalinya
  • Menerbitkan dan memberikan kartu hadiah
  • Tampilkan item Up-sell dan Cross-sell
  • Tingkatkan loyalitas dengan program loyalitas/kartu keanggotaan
  • Tawarkan voucher dan penawaran dengan waktu terbatas
  • Program membeli sebanyak mungkin
  • Gunakan Minigame
Ada program diskon produk

Taktik pengurangan harga yang wajar akan membantu bisnis meningkatkan nilai pesanan rata-rata. Saat membeli produk preferensial, pelanggan cenderung membeli lebih banyak produk, agar tidak ketinggalan produk dengan harga bagus. 

Pengiriman gratis untuk nilai pesanan tertentu

Sebagian besar pelanggan menyukai dan tidak menolak apa yang gratis. Oleh karena itu, cara termudah untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata adalah dengan memberikan layanan gratis kepada pelanggan. Metode yang paling umum digunakan adalah menetapkan ambang pengiriman gratis. Anda dapat memotivasi pelanggan untuk membeli lebih banyak produk dengan menawarkan ambang pengiriman gratis, atau menyertakan hadiah jika pesanan mencapai jumlah atau nilai minimum.

Tawarkan paket insentif/hadiah

Membuat kombo, paket produk yang lebih diutamakan daripada membeli setiap produk satu per satu adalah cara yang efektif bagi pelanggan untuk berbelanja lebih banyak. Ini adalah strategi win-win, meningkatkan pendapatan bagi penjual dan penghematan yang signifikan bagi pembeli.

Selain itu, Anda juga dapat memberi pelanggan lebih banyak penyesuaian untuk setiap produk, pilihan fitur tambahan bagi mereka untuk membuat paket produk yang mereka inginkan. Namun, Anda perlu memastikan gratisan yang dipilih tidak terlalu memengaruhi keuntungan Anda.

Kebijakan promosi untuk pertama kalinya

Ini adalah kebijakan untuk merangsang pelanggan baru untuk membeli dalam jumlah yang lebih banyak, membantu meningkatkan rata-rata nilai pesanan. Anda dapat menerapkan diskon, memberikan satu set produk tambahan kepada pelanggan yang melakukan pembelian pertama. Ini juga membantu menciptakan kesan pertama yang baik dengan pelanggan.

Menerbitkan dan memberikan kartu hadiah

Kartu hadiah membantu memberi insentif kepada pelanggan untuk kembali di lain waktu, yang mengurangi pengeluaran iklan di masa mendatang dan meningkatkan nilai pesanan rata-rata secara signifikan. Kartu hadiah perlu dirancang agar pelanggan dapat menggunakannya untuk pembelian berikutnya, dan cenderung membelanjakan lebih dari jumlah yang diberikan.

Tampilkan item Up-sell dan Cross-sell

Cross-selling sering mengalihkan perhatian pelanggan, membuat mereka lebih mudah membeli dan meningkatkan pendapatan toko. Misalnya, pelanggan ingin membeli gaun malam, penjual mungkin menyarankan untuk menambahkan sepasang sepatu, anting, atau dompet kombinasi untuk membantu pelanggan memiliki tampilan yang lebih lengkap dan sempurna. Atau jual silang minyak atsiri dengan lampu minyak atsiri.

Tingkatkan loyalitas dengan program loyalitas/kartu keanggotaan

Untuk produk yang sering dikonsumsi, bisnis harus membuat program loyalitas. Untuk membantu mempertahankan hubungan pelanggan, tingkatkan nilai pesanan rata-rata. Pelanggan dapat mengumpulkan akumulasi poin, diskon setiap pesanan, dan mendapatkan insentif khusus ketika menjadi pelanggan setia. Ini membantu mereka merangsang lebih banyak pembelian, meningkatkan nilai pesanan rata-rata. 

Tawarkan voucher dan penawaran dengan waktu terbatas

Pendekatan ini mungkin tidak meningkatkan nilai pesanan rata-rata dalam jangka panjang, tetapi penting untuk membantu mendorong nilai pesanan rata-rata pada saat Voucher kedaluwarsa.

Program membeli sebanyak mungkin

Membeli barang dengan harga murah selalu menjadi prioritas utama bagi sebagian besar pelanggan. Kebijakan harga yang baik untuk pesanan besar akan memotivasi pelanggan untuk membeli lebih banyak dalam 1 waktu. Ini membantu meningkatkan nilai pesanan rata-rata secara signifikan.

Gunakan Minigame

Game online yang dibuat oleh merek memberikan peningkatan nilai pesanan rata-rata yang tidak terduga. Contoh khas datang dari raksasa McDonald's, mereka membuat game eksklusif, mendorong pelanggan untuk memesan lebih sering, meningkatkan makanan untuk mendapatkan lebih banyak potongan game, memenangkan hadiah yang lebih besar. Bisnis e-commerce juga menjalankan mini-game yang mendorong pelanggan untuk sering melakukan pembelian untuk menerima hadiah menarik.

Kesimpulan

Memiliki banyak pesanan tidak cukup. Nilai pesanan rata-rata benar-benar tujuan yang perlu dibidik oleh bisnis untuk meningkatkan keuntungan. Selain itu , solusi mengenai insentif dan diskon juga perlu digunakan secara tepat. Karena jika terlalu kasar, pelanggan akan memiliki psikologi menunggu diskon di lain waktu.

Semoga informasi yang CHILI bagikan telah membantu Anda mendapatkan persiapan yang paling diperlukan untuk rencana bisnis online Anda dan meningkatkan pendapatan secara efektif. Semoga beruntung. 

Post a Comment